Langsung ke konten utama

Kesehatan - 10 Ciri - Ciri Kehamilan Pada Wanita

10 CIRI - CIRI KEHAMILAN PADA WANITA

*) Penting buat nambah wawasan..!!

Kehamilan merupakan salah satu peristiwa yang sangat diinginkan bagi wanita yang sudah menikah. Mereka akan sangat bahagia ketika melihat dan mendengar kabar jika mereka sedang hamil. Karena mereka kemungkinan akan menjadi seorang ibu bagi anaknya yang sedang di kandung.

Ada beberapa ciri-ciri kehamilan yang harus diketahui oleh wanita yang sedang hamil. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengetahui apakah wanita itu hamil atau tidak.

1. Hasil tespack menunjukkan positif

Gunakanlah tespack untuk mengetahui hamil atau tidak. Lakukan hal itu pada hari pertama keterlambatan haid. Apabila positif, segera pergilah ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikan hasil tes kehamilan tersebut.

2. Terlambat datang bulan

Tidak lagi menerima datang bulan atau haid merupakan salah satu faktor kehamilan. Apabila siklus haid wanita hamil tersebut terartur sebelumnya, maka pada saat kehamilan datang siklus haid itu berhenti dan tidak mengalami menstruasi ketika hamil.

3. Mengidam

Ini merupakan ciri termudah untuk ditebak jika wanita sedang hamil. Hampir 90% wanita hamil menginginkan (mengidam) makanan dan minuman yang aneh pada bulan pertama kehamilan mereka. Penyebab terjadinya hal mengidam makanan pada wanita hamil adalah adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh wanita hamil.

4. Mengalami Kram dan Pendarahan

Biasanya seminggu setelah ovulasi, kejadian pendarahan bercak-bercak merah muda dan kram terjadi pada wanita hamil. Ini dikarenakan sel telur masuk terus pada lapisan endometrium.

5. Puting atau Aerola Menghitam

Apabila kulit atau aerola sekitar puting susu warnanya berubah menjadi menghitam maka kemungkinan kehamilan ada, walaupun perubahan warna itu bisa disebabkan oleh kehamilan sebelumnya.

6. Cepat lelah

Ketika wanita hamil, maka dia akan memproduksi dalam jumlah besar hormon progesteron dan itu menyebabkan cepat kelelahan dan capek.
7. Membengkaknya payudara

Ketika wanita hamil maka payudara akan membengkak. Membengkaknya tersebut hampir sama dengan saat menstruasi akan tetapi jika disentuh akan terasa lebih lembut. Peningkatan kadar hormon menyebabkan puting payudara membesar dan terasa sering gatal. Namun pembekakan dan rasa gatal ini akan berangsur menghilang.

8. Kerap buang air kecil atau Beser

Wanita hamil akan kerap buang air kecil atau beser apabila janin sudah mengalami implantasi dan mulai menghasilkan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Ini disebabkan karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar.

9. Indera penciuman berubah

Kebanyakan dari wanita hamil merasakan bau logam pada mulutnya, dan ada juga dari mereka mual saat mencium aroma teh, kopi, dan makanan atau minuman yang mereka sukai sebelum hamil.

10. Mengalami Muntah dan Mual

Muntah dan mual ini diakibatkan adanya perubahan hormon di dalam tubuh wanita hamil. Biasanya mual dan muntah ini terjadi pada pagi hari. Oleh karena itu kerap dinamakan Morning Sickness.

Komentar