Langsung ke konten utama

Fenomena Komentar Copy Paste





Konsekuensi Seorang Blogger


Ada sebuah opini dari unek-unek yang amat menggelikan, meskipun Amat tetangga saya itu cupu dan menjengkelkan, klo liat rasanya pingen ngludahin mukanya… aighh kugh ngaco bingitz cieh

Menggelikan iya, prihatin juga serta bikin pantat pusing lantaran gak habis pikir. Namun beginilah adanya karena tanpa mereka juga gak rame daaan aku gak bakal bikin statemen ini.… arghh sok cool lu im.

Perihal apa sih itu?

Yakni KOMENTAR CO-PAS alias Copy luwak Paste.

Sudah bukan hal yang baru, terlahir sejak lama ketika BLOG populer sekelas BLOGSPOT lahir dan berkembang di Kahuripan Maya (Internet euy). Ketika terbit selembar, seuntai bahkan secuil upil posting setidaknya akan diiringi Komentar.

Baik yang berupa saran, kritik, pujian bahkan cacian. Akan tetapi itu adalah partisi yang baik serta menjadi pelengkap namun ada satu lagi penyemarak yang mau dibilang lucu iya, memprihatinkan juga he'em, menjengkelkan terkadang dan tak sedikit pula yang acuh atau merasa biasa aja.
Yaitu tadi komentar Co-Pas.



Mantap. Nice post. Hadir, Pertamax. Cendol. Sangat Bermanfaat. Ijin save page dulu. Sundul gan. Comot. Ronda. Kunjungan Balik. Follow. Follow back. Nitip Lapak. Pejwan. Ikut meramaikan. Sukses selalu. Salam kompak.


Sekumpulan aksara syahdu di atas rasanya gak asing lagi, juga menjadi ciri khas tersendiri bagi pengguna Blogspot, Wordpress, Xtgem, MyWapBlog, forum serta jejaring sosial dan gak akan afdol jika tidak hadir mengiringi sebuah posting.

Seakan sudah mendarah daging dan menjadi budaya yang akhirnya terimplementasi sebagai tradisi dan apabila salah satu dari kita berani mencoba dengan kolot mengintervensi, menyerukan penolakan, berusaha membasmi maka akan ada kutukan yang bisa memberi dampak buruk yang signifikan. Wow wow apa itu?

Tidak lain tidak bukan hal yang terjadi ialah blog, web, dan wap kita akan sepi, sepi dari komentar tentunya karena apabila kita mengharapkan komentar-komentar yang baik dan nyambung intensitasnya jauh lebih sedikit. Dampak sadisnya Alexa Rank turun bahkan blog dan artikel tidak terindeks di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Karena salah satu arti pentingnya komentar adalah dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimazion). Semakin banyak komentar apalagi yang menyertakan link maka blog kita semakin memiliki banyak back link yang tak pernah terduga sebelumnya.

Kita wajar MENOLAK komentar copas dan gak nyambung, karena kita merasa keringat jerih payah, tumpah darah dan air mata ketika membuat sebuah artikel yang rela menahan hawa panas ruangan, digigit nyamuk dan mata kelilipan seolah tidak ada harganya, terkesan diacuhkan. Upaya dan pengorbanan yang tidak mendapat apresiasi sepadan, sudah susah-susah ngetik, nyari referensi kemana-mana, mencoba menggali inspirasi dengan jongkok dan mengejan di atas kloset, bertapa bratha sampai minta wangsit sama Nyai Rondo Gebleg (Istrinya Ki Duda Gendeng) terus bela-belain konsultasi ke Ustadz Guntur Langit, masih juga merogoh kocek administrasi ampe puluhan juta dan tatkala sudah terbit yang terbentuk dalam selembar artikel akan tetapi baru beberapa detik terpublish sudah mendapat tamparan.

"Mantap kawan, nice post dan sangat bermanfaat jangan lupa kunbal di gubug reot ane"

Rasa jengah, ndongkol dan sedikit amarah yang disertai frustasi seakan ingin segera menggantungkan leher di tiang jemuran bebarengan dengan sempak seken yang sudah lusuh, berjamur dan berlubang sana-sini termasuk di zona vital… ups.

Namun kita TIDAK sepenuhnya bisa berharap dengan kehendak serta keinginan untuk selalu mendapat respon baik dan nyambung, karena setiap individu memiliki hak untuk melakukan hal berdasar kemauannya dan kita tidak dapat memaksakan orang lain untuk HARUS melakukan apa yang kita inginkan.

Karena pada hakikatnya semua yang ada di dunia ini menjadi pelengkap, penyeimbang dan merupakan keunikan sendiri sehingga terbentuk sebuah pola cerita bagi perjalanan roda kehidupan, tak terkecuali dunia maya. Tanpa adanya hal-hal berbau kontroversi seperti fenomena Komentar Copas maka gak akan seru, gak rame dan gak bakal ada Kontes Ajakan Berkomentar Yang Baik dan Nyambung Sesuai Artikel. Dan pasti Miyabi gak akan main bokep aiitch yang terakhir abaikan

Semua juga tergantung pada diri pribadi untuk menyiasati, sejatinya seorang blogger itu Cerdas dan sudah pasti Cerdas itu harga mati, karena tidak semua orang bisa ngeblog dan enggak semua minat untuk belajar Blogging, bisa dipastikan dari 20 orang hanya 5 yang punya semangat untuk mengelola sebuah Blog, Website atau Wapsite.

Dengan landasan itulah sebagai blogger diharapkan mampu menerjemahkan arti pentingnya Ngeblog, karena akan ada banyak konsekuensi yang terjadi mulai dari keringnya ide menulis, bingung mau isi blognya dengan materi apa yang pas, karya-karya kita yang dicopas tanpa menyertakan sumber, dicuri dan dimanipulasi serta yang lebih parah diakuisisi.

Manakala mampu menerbitkan posting brilian karena dipikir dengan matang, referensi yang jelas, di dalamnya terkandung makna yang wuaaah, diracik dengan bahasa yang lugas, paragraf rapi, kosakata dinamis dan eksentrik. Akan tetapi yang didapat hanya UPAH MENULIS berupa tanggapan "Mantap, Nyimak, Artikel yang bermanfaat".

So, wajar bila jengah, mulai tumbuh rasa bosan yang berakibat menurunnya semangat untuk mengeksploitasi ide sehingga makin kehilangan konsentrasi dalam menyalurkan karya di dunia maya.

Itulah salah satu dampak negatif yang riskan dan konsekuensi ngeblog, memang sejatinya bila kita terlalu memandang sudut negatifnya saja tentu akan semakin melemahkan semangat blogging, banyak dari kita terfokus pada hal-hal besar dengan tujuan yang dipaksakan, berandai-andai yang terlalu tinggi tanpa menengok fragmen-fragmen kecil yang sebetulnya jika dipahami justru dapat diambil nilai positif.

Sisi positifnya adalah menjadi renungan bagi kita untuk introspeksi, ketika kita mengharapkan artikel yang kita buat ramai komentar yang baik sudahkah kita mengawali dengan cara yang sama. Apakah posting yang kita update sudah memenuhi standar khalayak umum? Pokok bahasan yang baru, merakyat, unik, beda dari yang lain tidak sekedar mengikuti perkembangan apalagi yang hanya sekedar menyadur ulang dari yang sudah ada bahkan sangat kuno misalkan trik internet gratis 2010 yang sudah wafat dengan PeDenya dipublikasikan ulang dan mengklaim masih work di TKP ane.

Ikhwal lain adalah sisi kelucuan. Seperti yang saya utarakan di awal bahwa fenomena Komentar Copas bisa juga kita telisik sebagai perihal yang Lucu manakala kita tidak menghadapi dengan rasa jengah.

Berikut ini tentang kelucuan komentar Copas.




PENGALAMAN TES KERJA


Diposting oleh Tukiman Sang Rezpector pada 08:07.



Ternyata sulit juga ikut tes kerja, ada tes buta warna, tes IQ, tes kesehatan dan inilah yang membuat saya gagal karena saya didiagnosa terkena Ambeyen sehingga kata dokter "Anda Tidak Cocok Bekerja di Air".
KOMENTAR


Oleh Ngadirin Wal Ngadirot Yang Selalu Merot pada pukul 09:42 waktu setempat.

Wow keren banget sob, ente memang cerdas, kapan-kapan ane praktekin.




*). Yaahahahaii gagal tes kok mau dicoba?!

HATIKU PUPUS


Diposting oleh Anita CieTaurusGirlsGakMauDicakiti pada 12:04 Waktu Tadi



Hatiku pupus, asaku raib terbawa angin yang berhembus.
Cinta yang ku jalin selama ini seketika lenyap.
Ikatan kasih sayang kini hilang dan asmaraku terbang melayang.
Sungguh engkau pria penghianat yang akan terkutuk dan terlaknat.

KOMENTAR


Oleh Riyanti Si Codot Girl Selalu Untukmu pada 13:52 Waktu Indonesia Utara… ups emang ada?


Wow Mantap, nice post sob, posting yang bermanfaat ntar saya coba deh sapa tau work di tempat saya. Jangan lupa tumbal ama cobeknya.




*) klo ini goblognya dah tingkat provinsi, masa' putus cinta mau dipraktekin.…

HELLO WORLD'S


Diposting Paiman Newbie Gebleg SakLawase pada 00:00 tengah malam.



Halooo sobat MyWablog dimanapun kamu berada, perkenalkan saya Paiman user baru dan masih belajar. Mohon bimbingan dari agan-agan master dan apabila nanti klo posting saya amburadul dan banyak yang salah mohon maklum karena masih newbie.

KOMENTAR


Oleh Juma'in Sales Sempak Seken pada 07:02 waktu kemarin.


Nice artikel master, ente emang jago bikin kata-kata, saya gak nyampe otaknya. Kapan-kapan saya boleh numpang untuk nimba ilmu dari master, ijin save page untuk referensi biar bisa buat artikel berbobot kayak sobat.




*) haha konyol gak ketulungan.

Ada lagi nih yang gokil sekaligus dekil

VAKUM SEMENTARA


Diposting Suparno Supermannya Tegal Kota pada 10:00 waktu Breaking News



Sehubungan inyonge pan Ujian Nasional, untuk sementara waktu vakum dulu dari Dunia blogging biar bisa fokus belajar supaya dapat nilai bagus dan lulus. Do'akan inyong yaa brader, yen kowen-kowen pada tetep pingen mampir sini sorry manyorry bray inyong ra biso kunbal, inyonge pan sinau ndisit. Bye bye.

KOMENTAR


Oleh Andika Ganjen Band Tak Mau Selingkuh Lagi pada 11:12 di Lampung.


Waaah ini yang dicari-cari, setelah saya tunggu sekian lama akhirnya ada yang share juga, ijin Comot sob. Terima kasih udah berbagi, sukses selalu buat admin dan blognya.




*) Ngoaahahaha mau Vakum kok didownload, main comat-comot aja, tak copot ndiasmu bar kowen.


Yaach begitulah kawan tragedi miris akibat komentar Copas, sebagian menganggap itu menyebalkan, sampah, spam dan nggak segan-segan menghapus serta mencoretnya dari daftar follower. Yang lain menganggap acuh, wajar dan hal biasa serta ada juga yang beranggapan bahwa itu lucu dan kebetulan saya sependapat…hehe

Mau bagaimanapun tergantung kita menyikapinya dan mengingat kembali tujuan awal kita ngeblog.

Entah untuk sekedar eksis meramaikan suasana. Mengejar gengsi biar gak gaptek tentang dunia blogging. Tujuan belajar. Berbagi dengan senang hati. Berhubungan sosial dan menjalin solidaritas. Menyalurkan bakat dan hobi. Ataupun sekedar mengisi waktu luang.

Juga satu hal penting yang menjadi landasan pacu dan akan saya dengungkan sekali lagi, yaitu Introspeksi diri, ketika kamu mengharapkan mendapat komentar nyambung dan sesuai dari pengunjung, sudahkah kamu memulai dengan komentar yang baik pula? Ketika berharap blog ramai pengunjung dan meninggalkan jejak berupa kritik dan saran, sudahkah kamu berlaku demikian di blog-blog teman? Dan apabila kamu sudah mengawali dengan ketulusan untuk berusaha semaksimal mungkin membaca, memberi masukan dan menorehkan komentar yang benar, sesuai isi dan inti posting di blog sahabat akan tetapi kamu mendapat balasan yang mengecewakan berupa mantra-mantra Copas seperti Mantap dan Kunbal, besok-besok gak usah dikunjungi lagi gitu aja kok repot iya nggak? Meskipun dia sering berkunjung
bolak-balik, klo merasa sungkan tinggal kembalikan aja komentar Copasnya, kecuali dia bersedia berubah jadi
power ranger
dengan berkomitmen untuk menghapus kebiasaan lama dan beralih ke komentar yang tepat dan membangun, baru deh ditanggapi.

Patut dimaklumkan kita sebagai manusia tidak banyak yang bisa mengamalkan perilaku Pohon Mangga yang apabila dilempar dengan batu dia akan membalasnya dengan buahnya yang manis yaahhh… meski terkadang mendapat buah yang busuk itu memang lagi apes, soalnya yang ngelempar juga otaknya busuk. Disuruh kerja nggak mau, klo makan ama tidur iYeess.

Beuuhh... Kayak kuwi bisane urip, inyonge kederlah hla ganing kepriben ala ntut mberut, embuuthlaah inyonge bae ra ngerti… lakalaaadungpreeet.

Terkadang kita melakukan tindak kebaikan, bermaksud membantu orang tapi balasan yang didapat justru makian, hina'an bahkan fitnah. Hal itu juga berlaku bagi para Blogger meski kita sudah berkomentar baik dan nyambung di blog tetangga namun balasannya hanya komentar copas murahan singkat lagi. "Mantap"
"Apapun itu dibalik setiap sisi, lini dan kanan kiri akan selalu menyimpan hikmah yang berarti. Segala bentuk kejadian tidak ada yang tersia-siakan, semua bermakna, semua mempunyai kaidah dan berfaidah. Segalanya tercipta untuk membantu kita membangun sebuah peradaban dari pola pikir jernih serta penalaran yang brilian".



  • Ditulis oleh : Muhammad Arba'in
  • Judul : Fenomena Komentar Copy Paste.
  • Dalam Rangka : Ajakan Komentar Baik dan Benar.
  • Diterbitkan : 3 Agustus 2014.
  • Atas Nama : MyWapBlog Indonesia.

Komentar

Teguh9 mengatakan…
Kunjungan perdana sobb,ditunggu kunbalnya.,!!

http://teguh9.heck.in/download-video-goal-c-ronaldo-terbaikbes.xhtml
liang mengatakan…
mantaP

ada yg sampingan :mrgreen:
Gapzic pena mengatakan…
sayang sob kalau hanya cuma buat uji coba doang? banyak neter pengen punya domain sndri... kembangkan sob.,, :)
Arbain mengatakan…
@gapzic pena
yaa, pkoknya q usahain semaximal mungkin utk ngrus dua2ny
shaia shizuki mengatakan…
Mantap gan.. Keren pisan euy.. Teruske yo , sukses selalu
Irfan Madridista mengatakan…
Wah, keren. :)
ane jga mau d'buatin domain :) :)
Arbain mengatakan…
@Irfan Madridista
wani piro0o ?

Wkwk
Endra Rosemary mengatakan…
amin om.semoga blog ini bisa maksimal
Suhendi kenzi mengatakan…
moga sukses sob,
d tnggu d blog sedehana ane
ahmad bahaudin mengatakan…
Kunjugan balik dan perdana. Hehehe
MyPhones Cyber Art mengatakan…
selamat yoo ndan ..
Mga dua2nya dimaksimalkan dn mkin maju ..
Erick thevirkills mengatakan…
Mari kita

B:erjuang
U:ntuk melawan
K:emalasan.
A:ne

S:ebagai
E:rickgame...
M:engajak
A:nda semua tuk
N:gedukung
G:erakan
A:nti copas!
T:eruslah

B:erjuang
A:nd
R:aih kemenangan
U:ntuk anda

dengan situs yang baru
NAK ℳobile mengatakan…
mantap sob...hmmm kasih tutorialnya dong...buat domain sndiri hehee... :-)
supari end mengatakan…
ya shobt moga sukses buad admin dan blog nya
ianwelah mengatakan…
kunjungan pagi sob,nice topik..:)
Elzindanz mengatakan…
Punya 2 site ya..kereen sob
Semoga sukses ya

http://elzindanz.mywapblog.com/arti-kode-http-web-browser.xhtml
Arlhana mengatakan…
Absen pagi master.... Kunbal sukses...
Arlhana mengatakan…
Absen pagi master.... Kunbal sukses....
Spattra mengatakan…
keren sob...sukses selalu dgn blog baru nya...
So Phan Gembonk mengatakan…
hadiir sob,memenuhi undangan anda
Arbain mengatakan…
@Arlhana,
siph
sarilah mengatakan…
wah jadi punya 2 blog ya.selamat deh sob,emang punya banyak waktu ya?
Arbain mengatakan…
@sarilah,
banyak mas, masih nganggur,
Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx mengatakan…
:):):):):):):):):):):):):):)
walaupun tulisannya tumpah,ttp itu awal yg baik dan akan membuka pengalaman baru.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya


Pukulan di Pantat Dapat Sebabkan Penyakit Mental | Jaring Spider-Man Sungguh Bisa Hentikan Kereta
http://serpihanfb.mywapblog.com/pukulan-di-pantat-dapat-sebabkan-penyaki.xhtml

Kanjeng Ratu Kidul
http://serpihanfb.mywapblog.com/kanjeng-ratu-kidul.xhtml
Phantom SaRDeath mengatakan…
Kunjungan pagi...
Ikut meramaikan blogmu sob... :D

Sukses slalu utk blog dan admin'y

Bila berkenan, mampir yah ke blogku...

http://sardeath.mywapblog.com/naruto-chapter-622-bahasa-indonesia.xhtml
Alex AJJA PERSONAL BLOG mengatakan…
Kunbal suksess :D
Kidz mengatakan…
mantap gan, sensei ;-)
BLOG RIEF mengatakan…
Mga skses dgn situs brux
http://d-rief.mywapblog.com/kumpulan-search-engine-optimization.xhtml
Andie mengatakan…
Hadir bkunjung sob.. maf telat, nyimak dlu y